JKT48 melakukan Plagiarisme?

Hingga saat ini banyak yang masih mempertanyakan sisi plagiarisme atau tidak-nya JKT48 dengan AKB48, terutama bagi mereka yang baru mengenal Idol Group yang sering diperbincangkan akhir-akhir ini. Mungkin banyak dari para penggemar AKB48, JKT48, SKE48, NMB48 dan HKT48 sudah lelah menjelaskan bahwa mereka adalah Idol Group yang menjadi satu kesatuan dalam KELUARGA BESAR 48 (*lihat gambar bagan dari Keluarga Besar 48 yang saya buat). Disini saya akan menjelaskan secara sederhana sehingga mungkin mempermudah pemahaman tentang KELUARGA BESAR 48 bagi mereka yang baru mengenal.

JKT48 plagiat AKB48?

Kata-kata JKT48 plagiat AKB48 inilah yang sering memenuhi twitter saat ini (mungkin hingga waktu yang lama kalimat ini tetap ada :-) ). Suatu kali saya iseng bermain twitter dan memasukan kalimat “JKT48 plagiat” di kolom discover/pencarian, dan ternyata banyak sekali akun twitter yang sedang meributkan atau memperdebatkan kalimat ini. Saya pun memaklumi argumentasi mereka yang berkeras diri bahwa JKT48 itu plagiat AKB48 atau sebaliknya, karena banyak yang masih awam dengan konsep Sister Group (bahkan Idol Group : *untuk penjelasan idol group dan sister group silahkan search di google atau search AKB48 di wikipedia) itu seperti apa.

Ya, JKT48 memang bagian dari kerajaan Akimoto Yasushi (biasa dikenal dengan Aki P) sang pendiri kerajaan Idol Group 48. Setelah membentuk AKB48 di Akihabara pada tahun 2005, lalu Aki P mulai membentuk Sister Group (adik) dari AKB48 di Jepang yaitu SKE48 pada tahun 2008 di Sakae, Nagoya ; SDN48 (sudah dibubarkan) pada tahun 2009, NMB48 pada tahun 2011 di Namba, Osaka; dan HKT48 pada tahun 2011 di Hakata, Fukuoka. Tidak puas dengan Sister Group yang di Jepang, Aki P pun mencoba bereksperimen dengan membentuk Sister Group di luar Jepang, disini saya sempat mempertanyakan “kewarasan” Aki P karena keputusan yang dibuatnya sedikit berbau “perjudian” meskipun ada rasa penasaran juga akan seperti apa sister group di luar Jepang. Saya berkata demikian karena banyak fans dari AKB48 (atau sister group akb48 di jepang) sudah terbiasa dengan lagu-lagu yang diciptakan Aki P dengan berbahasa Jepang lalu bagaimana dengan Sister Group yang berada di luar Jepang?Akankah menjadi kendala karena permasalahan lagu yang berbahasa Jepang atau tidak?

Aki P pun memulai project Sister Group pertama di luar Jepang dan negara yang beruntung adalah Indonesia! ya, Indonesia! Dan lahirlah JKT48 pada akhir tahun 2011. Pada debutnya JKT48 membawakan lagu HEAVY ROTATION (kebetulan juga menjadi jingle iklan minuman ion) dengan lirik yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Saya yakin bagi fans AKB48 pasti sudah terbiasa dengan lagu HEAVY ROTATION, tapi tidak untuk orang yang baru mengenal JKT48. Saya memiliki alasan mengatakan demikian, karena bagi orang yang baru mengenal JKT48 pasti ingin mencari info atau mengunduh lagu HEAVY ROTATION di google atau Youtube, dan yang terjadi saat itu adalah info lagu HEAVY ROTATION di google atau Youtube justru menampilkan AKB48 bukan JKT48. Kebingungan terjadi bagi orang yang belum mengenal AKB48, dan kesimpulan sangat sederhana pun muncul bahwa “ternyata JKT48 plagiat AKB48”

Hal itu lah yang saya temui sampai saat ini tentang perdebatan “JKT48 plagiat AKB48” di situs jejaring sosial (twitter atau facebook) dimana kebanyakan dari mereka hanya fokus kepada permasalahan lagu HEAVY ROTATION. Banyak orang yang baru mengenal JKT48 mengatakan bahwa mereka itu plagiat AKB48 dikarenakan lagu heavy rotation yang dibawakan oleh JKT48 sekedar diubah ke bahasa Indonesia. Sebenarnya lagu Heavy Rotation diciptakan oleh Aki P saat ini tidak hanya untuk dibawakan oleh AKB48 (meski awalnya memang dibawakan oleh AKB48) tapi juga dibawakan oleh Sister Group lainnya. Sama seperti lagu Sakura no Hanabiratachi (single AKB48) juga pernah dibawakan oleh HKT48 pada saat mereka perform di theater.Mengapa demikian?karena itu hak mutlak dari Aki P. Jika anda masih bingung saya akan mencoba menerapkan hal ini seperti sistem yang dilakukan oleh Ahmad Dhani dengan manajemen “Republik Cinta”-nya. Anda pasti sudah sangat hafal dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh Ahmad Dhani bersama Dewa yaitu lagu Pupus dan lain-lain? lagu-lagu Ahmad Dhani yang biasa dibawakan beliau dengan band Dewa itu ternyata juga dibawakan oleh The Virgin, TRIAD, Mulan. Apakah bisa disebut The Virgin, TRIAD, Mulan plagiat?TIDAK, karena The Virgin, TRIAD, Mulan merupakan bagian dari Republik Cinta dan lagu tersebut milik Ahmad Dhani dan beliau sebagai Produser dan Pendiri “Republik Cinta”, jadi Ahmad Dhani bisa sebebas mungkin memberikan lagu Pupus dll itu kepada siapa saja yang bernaung di bawah manajemen-nya. Pun demikian dengan Aki P yang bebas melakukan pemberian lagu apapun kepada IDOL GROUP beserta SISTER GROUP yang bernaung dibawah kepemimpinan-nya karena beliau sebagai Total Producer (dan sebagai pendiri) dari keluarga besar 48 ini.

Lantas kenapa HEAVY ROTATION harus berbahasa Indonesia dan bukan versi asli seperti AKB48?berarti sama saja plagiat bukan?saya kembali berikan gambaran lain agar lebih mudah dicerna. Setiap hari minggu pagi saya suka sekali melihat doraemon di tv, dan bagian yang paling saya suka adalah lagu dari Lagu Opening dan Ending Doraemon. Saya sudah sering mendengar lagu Doraemon dalam bentuk versi asli (bahasa Jepang) maupun yang sudah di-terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Lantas apakah saya berfikir lagu doraemon yang di televisi Indonesia merupakan plagiat dari lagu doraemon versi asli (bahasa Jepang)? TIDAK. Mengapa?karena pihak televisi tersebut sudah memiliki ijin untuk me-terjemahkan lirik lagu doraemon tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

Dengan sedikit penjelasan di atas seharusnya anda mulai paham, jadi sebenarnya JKT48 itu bukan plagiat dari AKB48 apalagi dikarenakan hanya sekedar permasalahan lagu yang “di terjemahkan” (dan juga saya sudah menjelaskan bahwa JKT48 itu “anak asuh” dan dibentuk oleh Aki P, orang yang juga membentuk AKB48 sehingga beliau bebas untuk memberikan lagu atau membentuk formasi apapun kepada mereka * lihat gambar bagan). Jika anda bersikeras bahwa JKT48 itu plagiat dari AKB48 saya tidak tahu lagi dengan analogi paling sederhana apalagi yang bisa saya berikan agar anda paham akan hal yang saya sudah jelaskan di atas.

No comments:

Post a Comment