Peneliti buat jubah tak terlihat punya Harry PotterPeneliti buat jubah tak terlihat punya Harry PotterPeneliti buat jubah tak terlihat punya Harry PotterPeneliti buat jubah tak terlihat punya Harry Potter

Peneliti buat jubah tak terlihat punya Harry Potter







Peneliti buat jubah tak terlihat punya Harry Potter





Jubah tak terlihat seperti yang ada di film Harry Potter ternyata bukan khayalan. Para peneliti buktinya mampu membuat benda sihir tersebut menjadi kenyataan.
Seperti yang dilansir oleh CNN (27/3), fisikawan dari Texas, AS telah mengembangkan sebuah metode untuk membuat sebuah obyek tak terlihat dengan membelokkan gelombang cahaya. Memang, pembelokan gelombang cahaya ini masih belum sempurna, namun di masa depan bisa jadi akan menyamai jubah tak terlihat milik Harry Potter.
Jubah ini terbuat dari material selotip tembaga yang dikombinasikan dengan polikarbonat. Hasilnya, tercipta sebuah jubah dengan corak kecil-kecil yang mampu menetralkan gelombang cahaya.
Dalam penggunaannya, para peneliti telah mempraktikkan bagaimana jubah ini bisa menutupi segala benda. Hanya saja, hanya gelombang mikro yang mampu dibelokkannya.
Memang teknologi ini belum sepenuhnya sempurna. Namun, jika sudah bisa dikembangkan dengan baik, bisa saja jubah tak terlihat ini digunakan untuk kepentingan pertahanan atau kemiliteran, yaitu sebagai alat bersembunyi para tentara dari penglihatan musuh.

No comments:

Post a Comment