Kominfo dorong pertumbuhan broadband di semua sektor

Kominfo dorong pertumbuhan broadband di semua sektor


Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mendorong pertumbuhan broadband di Indonesia.
Hal ini mengingat sesuai dengan survei Bank Dunia, setiap tiga persen penambahan penetrasi broadband bisa memicu pertumbuhan ekonomi sekitar satu persen.
"Untuk itu lah, Indonesia yang memiliki potensi besar sudah seharusnya mengimplementasikan broadband pada semua sektor," ujarnya pada pembukaan Rakornas Kominfo, Senin (16/9).
Menurut dia, Kominfo mencanangkan tahun 2014 sebagai tahun informasi, kemudian tahun 2015 sebagai tahun broadband, yang mana diusahakan setengah penduduk Indonesia sudah terakses informasi. Adapun, pada 2018 sudah saatnya Indonesia masuk era digital berupa shut down TV analog dan berpindah ke TV digital.
Tifatul menilai era broadband bisa dilakukan di semua bidang termasuk e-election dan e-learning. Untuk itu, tambahnya, Kominfo berencana menggelar uji coba e-election di sebuah Pilkada yang bisa dijadikan pilot project.
Menkominfo menilai pembangunan jaringan broadband menjadi tanggung jawab pemerintah dan swasta. Untuk daerah perintis, pemerintah memang harus membiayai tetapi bila pasarnya sudah ada, maka semuanya diserahkan ke swasta.
"Pemerintah hanya membantu dalam hal regulasi, menatanya dan memberikan fasilitasi," ungkap Tifatul.
Dikutip dari: merdeka.com

No comments:

Post a Comment