Terciptanya robot semut







  Terciptanya Robot Semut

Terciptanya robot semut

 




Segerombolan robot mungil dengan perilaku mirip semut telah dilahirkan oleh ilmuwan Amerika Serikat.

Meskipun robot tersebut tidak mirip dalam segi bentuk, namun keahliannya yang menggunakan naluri antara satu dengan yang lainnya sangat mirip dengan koloni serangga.

Robot ini dikatakan mirip dengan semut karena sistem yang ada di dalamnya memang hampir sama dengan naluri semut. Bahkan robot ini memiliki dua antena. Antena tersebut dilengkapi dengan sensor cahaya. Antena ini berfungsi sebagai penanda bagi robot untuk menentukan harus bergerak kemana.

Dilansir BBC (29/3), Simon Garnier dari New Jersey Institute of Technologi menyatakan bahwa robot tersebut memiliki roda yang dapat bergerak dengan cepat dan didesain untuk bergerak menuju target sasaran serta menghindari segala rintangan. Tidak hanya itu, dalam sebuah uji yang dilakukan, robot pintar ini mampu menemukan jalur cepat pada sebuah labirin atau jaringan.

Namun, dibalik kemampuan cerdas robot kecil ini, ternyata Simon menyatakan bahwa masih ada kekurangan. Pihaknya menyebutkan robot semut ini memori yang sangat terbatas dan kekuatan pemrosesan yang juga terbatas pula.

No comments:

Post a Comment